memoirs

Judul: Memoirs of A Geisha

Penulis: Arthur Golden

ISBN-13: 9789796866526

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Memoar Seorang Geisha mengajak kita memasuki dunia geisha yang penuh rahasia, dunia di mana penampilan sangatlah penting; di mana keperawanan seorang gadis dilelang kepada penawar yang paling tinggi; dimana perempuan-perempuan dilatih untuk memikat laki-laki yang paling berkuasa; dan di mana cinta dicemooh sebagai ilusi belaka.
Seorang gadis kecil ber-iris mata biru jernih seperti air, bernama Sakamoto Chiyo. Hidup di desa nelayan miskin pada tahun 1929. Tak diduga, ayahnya tega menjual ia dan kakak perempuannya pada sebuah rumah gisha terkenal. Sebuah Okiya (kedai teh) milik Nita.
Suatu hari saat sedang meratapi nasibnya ditepi sungai Shirakawa, Chiyo bertemu dengan Iwamura Ken. Di luar kebiasaan, pria terhormat ini mendekati dan menghiburnya. Dari situ, Chiyo bertekat menjadi geisha hanya demi mendapat kesempatan bisa bertemu lagi dengan pria itu, suatu hari nanti. Saat debut jadi giesha Chiyo mengubah namanya menjadi Nita Sayuri. Melalui Sayuri, kita menyaksikan suka duka wanita yang mempelajari seni geisha yang berat; menari dan menyanyi; memakai kimono, makeup tebal, dan dandanan rambut yang rumit; menuang sake dengan cara sesensual mungkin; bersaing dengan sesama geisha memperebutkan pria-pria dan kekayaan mereka.
Advertisements